Beranda > Ban > Tips Memilih Ban

Tips Memilih Ban

Ban pada kendaraan adalah bagian terpenting dan vital yang sangat berhubungan dengan faktor kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Pemilihan ban yang tepat dan baik dapat memaksimalkan faktor kenyamanan dan keamanan, terutama untuk persiapan menempuh perjalanan mudik yang sangat jauh.

Buat anda yang ingin membeli ban untuk mobilnya ada beberapa hal yang perlu diketahui menyangkut bagaimana memilih ban yang cocok untuk menempuh perjalanan jauh.

Berikut adalah beberapa tipsnya :

  1. Gunakan ban yang memiliki kembangan / kontur halus serta compound yang medium soft..kenapa demikian ? “Karena karet ban yang berkarakter seperti ini, permukaan / tapaknya dapat lebih menyatu pada permukaan jalan sehingga daya cengkram-nya juga baik, terutama saat melibas jalan berkelok-kelok dan melakukan pengereman mendadak. Penggunaan ban jenis seperti ini memang sangat baik, namun ban halus dan agak lunak, permukaannya akan cepat habis, selain itu perputarannya dapat menimbulkan suara yang sedikit lebih berisik (Road Noise) akibat daya geseknya yang besar.
  2. Menggunakan ban jenis radial akan lebih baik untuk melakukan perjalanan jauh dengan berbagai kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi, karena ban radial memiliki desain kontur serta bahan ban yang lebih baik. Namun untuk mendapatkan ban ini memang diperlukan kocek lebih, karena harganya yang lebih mahal dari ban biasa.
  3. Pilih ban dengan profil tebal, jangan gunakan profil tipis, karena jalan dengan kondisi yang berbeda-beda akan ditemui saat menempuh perjalanan jauh, bila menggunakan ban profil tipis bantingan jadi terasa keras. Karena ban jenis ini tidak dapat meredam benturan dengan baik, velg pun bisa lebih cepat rusak dan yang terparah kemungkinan ban pecah akibat benturan jadi lebih besar.
  4. Perhatikan kode tahun pembuatan ban sebelum membelinya. Biasanya, ban yang sudah kaduluwarsa karena kelamaan disimpan karetnya menjadi keras dan kering sehingga berakibat mudah pecah bila tetap digunakan.
  5. Membeli ban baru karena berdasarkan harganya yang murah adalah salah, terutama untuk perjalanan jauh, karena kualitas ban murah biasanya patut dipertanyakan, yang terpenting lagi jangan membeli ban vulkanisir atau second.
  6. Sebisa mungkin pilihlah ban sesuai dengan ukuran standar yang telah ditentukan, apabila tetap ingin merubah ukuran, sebaiknya jangan terlampau berbeda dari ukuran ban standarnya. Contohnya bila standar dari pabrik sudah menggunakan ukuran 185/55/15, maka Anda boleh menggantinya dengan ukuran yang tidak melebihi 205/50/15. Bila lebih dari itu maka Anda hanya buang uang saja dan pengendaliannya tidak akan menjadi lebih baik.

Diluar hal pemilihan ban yang baik, meningkatkan kenyamanan dan keamanan untuk perjalanan jauh seperti mudik juga harus memperhatikan beberapa hal lain, yaitu :

  1. Tekanan angin ban sangatlah vital, jadi pastikan tekanan ban normal sesuai dengan aturan yang telah ditentukan, umumnya standar tekanan angin pada ban depan 32 psi ban belakang 35 psi biar jadi stabil, jadi tidak boleh kurang dan lebih. Jangan lupa periksa selalu tekanan angin saat ban dingin karena tekanan angin masih dalam keadaan belum terpengaruh suhu.
  2. Jangan memaksakan beban berlebih pada mobil, karena jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil yang dapat membahayakan perjalanan, seperti pecahnya ban.
  3. Jangan sepelekan keberaan tutup pentil, karena mengemudikan mobil dengan ban tanpa penutup pentil bisa jadi menyebabkan kebocoran udara dari dalam ban sehingga mengakibatkan ban kekurangan tekanan.

Terakhir buat SO mania adalah mintalah petunjuk kepada bengkel spesialis ban dan keterangan yang lebih detail tentang karakter ban yang akan dibeli dan jangan lupa minta diberikan beberapa pilihan ban agar bisa melakukan pilihan lain dari berbagai merk ban yang dapat fleksible untuk digunakan dalam segala kondidi jalanan.

Thanks to :
Tamzil-Tire Zone
Jl. Boulevard Blok FWI No.1-3, Kelapa Gading, Jakarta 14240
Phone : 021- 4508434 / 4532227

Sumber: situsotomotif.com


Kategori:Ban
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: