Beranda > Ban, Mobil > Merawat Ban Cadangan

Merawat Ban Cadangan

Ban cadangan yang letaknya tersembunyi di bagasi atau bagian bawah mobil membuat ban cadangan kerap terabaikan, padahal ban itu merupakan penyelamat utama dikala ban kempes atau bahkan pecah.
Berikut ini adalah lima hal seputar ban cadangan yang perlu anda ketahui.

  • CEK TEKANAN ANGIN MINIMAL SEBULAN SEKALIKaret ban memiliki pori-pori yang dapat melepas angin dan membuat tekan angin berkurang, perhatikan pula apakah terdapat retak pada karet ban. Sekalipun ban cadangan tidak terpakai, lantaran terpapar suhu tinggi di bagasi , karet ban bisa mengeras dan retak bahkan untuk ban cadangan yang terletak di bagian bawah mobil, harus diberikan perhatian ekstra karena bisa saja rusak akibat benturan ban.
  • PERIKSA KODE PROSUKSI BAN
    Layaknya makanan kemasan , ban juga punya informasi waktu produksi yang terletak di bagian dinding, cari saja serangkaian angka yang terdiri dari 4 digit, seperti 2409 yang berarti diproduksi pada minggu ke-empat tahun 2009. lagi-lagi mirip makan ban juga punya waktu kadaluarsa yaitu 3 tahun sejak tanggal produksi, jadi sekalipun ban masih tampak baik sebaiknya diganti demi keselamatan.
  • ROTASI DAN BALANCING
    Ikut sertakan ban cadangan dalam prose rotasi agar kondisinya sama dengan ban lain, jangan lupa pula melakukan balancing agar tidak bergetar saat dipakai diposisi depan mobil.
  • PERIKSA TAPAK BAN
    Gunakan koin untuk mengukur tingkat rata keausan ban, selain itu perhatikan thread wear-berupa lambang segitiga yang ada dibeberapa posisi dinding ban. bila tapak sudah dekat apalagi melewati batas itu, segera ganti.
  • TURUNKAN DAN CUCI
    Pada saat mencuci kendaraan, jangan lupa pula menurunkan ban cadangan, kemudian mencucinya. Dengan begitu , anda akan selalu awas dan yakin dengan kondisi ban cadangan

Sumber: http://www.masagungindonesia.com
Gambar: http://www.e90post.com

Kategori:Ban, Mobil
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: