Beranda > Driving & Travelling, Interior, Mobil > Memilih Aroma Parfum Mobil

Memilih Aroma Parfum Mobil

Jangan pernah menganggap remeh indera penciuman Anda. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa penciuman aroma sangat mempengaruhi emosi kejiwaan seseorang.

Setiap bau aroma memiliki kekhasan tersendiri, seperti aroma karbol yang menyengat di rumah sakit, aroma dupa kemenyan atau bunga sedap malam yang mampu membuat bulu kuduk berdiri, atau aroma pinus/cemara yang bernuansa pegunungan. Aroma terbukti mampu membuat kita menjadi riang gembira, takut, sedih, atau sekadar bernostalgia.

Nah, penelitian terbaru seputar aroma dan emosi kejiwaan membuktikan bahwa aroma ternyata berpengaruh juga terhadap kemampuan seseorang mengemudikan mobilnya.

Jadi, mulai sekarang sebaiknya jangan sembarangan memilih parfum mobil, akibatnya bisa fatal. Aroma tertentu bisa mendorong Anda untuk menngebut, cepat marah-marah di jalanan, melamun nggak karuan, dan kalau ini terjadi tentu bisa menimbulkan kecelakan fatal.

Tentu saja tak semua aroma berpengaruh buruk. Bau-bauan tertentu di mobil –menurut penelitian yang dilakukan RAC Foundation– malah membuat pengemudi tetap fokus dan bereaksi cepat ketika ada bahaya.

“Tak disangka, bau-bauan di dalam mobil ternyata berpengaruh begitu besar terhadap pengemudi,” kata Sue Nicholson, peneliti dari RAC Foundation.

Studi sebelumnya, yang dilakukan West Virginia Wheeling Jesuit University menyebutkan aroma kayumanis membantu seseorang tetap fokus dan konsentrasi. Sementara aroma peppermint mampu menyegarkan emosional pengemudi sehingga terhindar dari perasaan marah, jengkel, stres, dan kelelahan.

Bersikap santai dan rileks selama mengemudi memang dianjurkan, tetapi kalau Anda terlalu rileks bisa bahaya.

Aroma melati, dan lavender jangan sekali-kali ditaruh dalam mobil, karena membuat pengemudi terlalu rileks dan mengantuk. Aroma jenis ini biasanya dipergunakan sebagai terapi aroma bagi penderita insomnia agar mereka gampang tidur.

Aroma rumput segar dan bunga-bungaan liar yang biasa tumbuh di tepi jalan juga tidak disarankan, karena membuat pikiran melayang ke jalan-jalan kecil di pedesaan dengan kesejukan alamnya. Akibatnya, pengemudi yang terstimulasi suasana pedesaan lalai mempertahankan kecepatan mobilnya dan bila terjadi di jalan tol tentu bisa mengakibatkan kecelakaan serius.

Bagaimana dengan aroma parfum dan aftershaves? Wah, yang inipun jangan sekali-kali tercium dalam mobil Anda, sebab membuat pikiran pengemudi beralih dari jalan raya ke hal-hal yang sifatnya seksual.

Begitu juga aroma makanan fast food bisa membahayakan. Bau menggiurkan ayam goreng, burger atau pizza yang masih hangat, membuat Anda lekas gusar karena merasa lapar. Yang terjadi kemudian Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi agar segera mencapai kedai makanan terdekat dan memuaskan rasa lapar Anda.

Jadi, bau apa yang sebaiknya memenuhi ruangan mobil?

Aroma kopi dan lemon sangat dianjurkan, sebab akan membuat Anda tetap konsentrasi dan berpikir jernih.

Aroma udara laut juga menghadirkan suasana segar dalam mobil, mendorong kita untuk menghirup napas dalam-dalam dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks.

Ada lagi aroma yang disarankan tetapi mahal harganya, karena untuk mendapatkannya Anda harus membeli mobil baru. Aroma mobil baru –yang merupakan kombinasi aroma larutan organik, dan produk-produk pembersih– menciptakan aroma khusus yang membuat pengemudi lebih berhati-hati dan waspada di belakang setirnya. Ya, seperti jamaknya kita mengemudikan mobil gres yang baru keluar dari show room, kita pasti sangat berhati-hati, karena tergores sedikit saja rasanya pasti mengecewakan.

Sebagai kesimpulan, RAC Foundation menyatakan: kebanyakan pemilik mobil tidak peduli dan menganggap remeh bau-bauan dalam mobilnya. Padahal, tanpa disadari aroma tersebut sangat mempengaruhi emosi kejiwaan mereka ketika mengemudikan kendaraannya.

Satu hal yang tak dapat dimungkiri, terapi aroma akan sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang dalam menjalani rutinitas kehidupan yang rentan stres dan depresi, seperti warga Kota Jakarta yang selalu didera macet dan kondisi lalu lintas yang semrawut.
Bagaimana, Anda ingin mencoba? Kira-kira apa pilihan aroma mobil Anda sekarang?

Sumber: enformasi.com
Foto: theautomotiveindia.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: