Beranda > Driving & Travelling, Mobil > Cara Aman Dongkrak Mobil

Cara Aman Dongkrak Mobil

TIPS/DPMendongkrak mobil terlihat sebagai sebuah pekerjaan mudah. Ya, memang begitu kenyataannya. Sayangnya, ketika pekerjaan ini dikaitkan dengan keselamatan, maka belum banyak pengguna mobil yang mengetahui prosedur yang semestinya.

Berikut ini DapurPacu.com akan memberikan poin-poin penting yang perlu diketahui dan dijalankan ketika mendongkrak mobil dengan aman:

1. Posisi
Parkir mobil di permukaan datar/rata. Ini penting agar titik tumpu mobil pada dongkrak tidak bergeser. Kemudian, luruskan posisi ban depan.

2. Hentikan
Lakuan beberapa tindakan agar mobil tidak bergerak maju atau mundur. Pertama, posisikan tuas transmisi pada posisi “P” (transmisi otomatis) atau dorong ke titik “gigi 1″ (transmisi manual). Kedua, tarik tuas rem parkir (biasa disebut rem tangan) atau injak pedal rem parkir (untuk mobil dengan rem parkir model pedal).

Supaya meningkatkan keselamatan, gunakan dua balok kayu atau batu bata merah sebagai pengganjal salah satu roda yang akan menjadi titik tumpu ketika mobil didongkak. Letakkan satu balok di depan roda, dn satu sisanya di belakang. Apabila Anda masih memiliki sepasang balok kayu, lakukan hal yang sama pada ban lain yang sejajar dengannya. Umpamanya, pada kedua ban depan atau pada kedua ban belakang yang akan menjadi tumpu.

3. Peralatan
Siapkan atau keluarkan peralatan, seperti dongkrak dan tongkat pengungkitnya dari dalam mobil.

4. Buku Manual
Lihat buku manual untuk posisi titik tumpu dongkrak terbaik pada mobil Anda. Langkah ini penting agar terhindar dari slip ketika Anda mendongkrak. Umumnya, titik terbaik untuk mendongkrak terdapat di antara batang gardan dekat suspensi atau pada bagian bawah bodi yang menjadi rangka utama.

5. Hindari Masuk Kolong
Jangan pernah memasukkan tubuh atau bagian dari tubuh, seperti tangan, ke kolong mobil ketika mendongkrak. Ini perlu demi keselamatan Anda apabila terjadi dongkrak slip.  Karena itu, gunakan tongkat pengungkit yang panjang sehingga Anda dapat memutarnya dari sisi mobil.

6. Ketinggian
Naikkan dongkrak hingga ketinggian ban mencapai sekitar 15 cm. Hindari mendongkrak lebih tinggi guna mengurangi dampak gravitasi yang menyebabkan mobil mudah bergerak.

7. Turunkan
Setelah usai memperbaiki atau mengganti roda, putar tongkat pengungkit secara perlahan agar mobil turun dengan aman. Kemudian, kembalikan dongkrak ke tempat asal.

Catatan: Ketika melakukan pekerjaan mendongkrak, upayakan tidak ada orang atau anak-anak di dalam kabin.

© 2009 – 2010, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: