Beranda > Project Management > Apa Project Management?

Apa Project Management?

Di era informasi dan industrialisasi seperti saat ini, seringkali kita mendengar istilah project management atau manajemen proyek. Project management diperlukan apabila kita ingin mengelola pekerjaan kita sehingga pekerjaan dapat berjalan dan berakhir dengan sukses. Sukses dalam arti memenuhi atau melebihi ekspektasi yang ditetapkan di awal. Lalu, apa sih sebenarnya project management itu?

Project, Program, Portfolio

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang project management, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang istilah project, program, dan portfolio. Dalam ilmu project management ketiga istilah ini akan sering kita jumpai.

  • Project adalah suatu aktifitas untuk menghasilkan produk/service tertentu dalam waktu tertentu dan resource tertentu pula.
  • Program adalah kumpulan project yang saling terkait (related) yang dimanaged bersamaan untuk mencapai tujuan tertentu dari perusahaan.
  • Portfolio adalah kumpulan project atau program.

Dengan demikian, project management adalah suatu disiplin ilmu yang digunakan untuk melakukan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), dan pengelolaan (managing) resource-resource pada suatu project. Resouce yang dimaksud disini adalah waktu, SDM, dan cost.

Challenge utama dari sebuah project adalah bagaimana kita mencapai goal yang sudah ditetapkan dengan constraint yang ada. Constraint yang dimaksud disini adalah scope, time, budget. Untuk itulah diperlukan ilmu project management untuk mengelola project sehingga goal dari project dapat tercapai.

PMBOK

Para praktisi dan akademisi yang berkecimpung dalam ilmu project management telah menciptakan suatu standard untuk pengelolaan project yang diberi nama PMBOK (Project Management Body of Knowledge). PMBOK adalah sebuah pendekatan praktis yang dimaksudkan sebagai panduan (guideline) yang pada akhirnya menjelma menjadi standar pengelolaan project. Terminologi dan panduan yang ada pada PMBOK dibuat generik, dalam arti tidak hanya untuk industri tertentu saja, tetapi dapat diterapkan secara praktis pada semua tipe industri.

Di dalam PMBOK terdapat 2 terminologi yang sangat penting, yaitu: Process Group dan Knowledge Area, yang secara singkat dapat dideskripsikan sebagai berikut:

  • Process Group adalah aktifitas yang dilakukan untuk menjalankan project (action taken to do project). Dalam PMBOK terdapat 5 process group:
  1. Initiating
  2. Planning
  3. Executing
  4. Controlling and Monitoring
  5. Closing
  • Knowledge Area adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk melaksanakan proses tersebut. Dalam PMBOK terdapat 9 knowledge area:
  1. Scope Management
  2. Cost Management
  3. Human Resource Management
  4. Risk Management
  5. Communication Management
  6. Procurement Management
  7. Quality Management
  8. Time Management
  9. Integration Management

Dalam implementasinya, keterkaitan antara process group dan knowledge area ini dapat digambarkan dengan sebuah matrik sebagai berikut:

Pada tabel tersebut digambarkan di kolom paling kiri adalah knowledge area, sedangkan kolom-kolom setelahnya adalah process group. Pada masing-masing process group tersebut terdapat knowledge area yang bersesuaian.

Demikian overview singkat tentang project management dan PMBOK. Pada tulisan-tulisan berikutnya akan dibahas lebih mendalam tentang masing-masing knowledge area.

Jakarta, 27 April 2011

Mas Pri

  1. Agustus 9, 2011 pukul 10:29 pm

    Singkat, padat dan jelas…. ane jd ada gambaran jika harus presentasi di depan client.
    Thx om….

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: